GUNUNG RINJANI





gunung ini berlokasi di pulau lombok ,nusa tenggara barat. gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia
- ketinggian 3.726 m.dpl
- terletak di lintang 8º25' LS dan 116º28' BT
- di sebelah barat kerucut rinjani terdapat  kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m memanjang kearah   timur dan barat
- terdapat segara anakan seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m
- air yang mengalir membentu air terjun yang sangat indah, melewati jurang yang curam
- bagian selatan di sebut segara endut
- disebelah timur kaldera terdapat gunung baru (barujari) yang memiliki kawah berukuran 170 m x 200 m


gunung ini banyak didaki oleh para pecinta alam dari pelosok negeri bahkan dari luar negeri, ada legenda yang menyertai gunung rinjani 
pada jaman dahulu tidak jauh dari pelabuhan lembar, terdapat kerajaan yang bernama taun yang diperintah oleh raja yang sangat baik yang bernama datu taun dan permaisurinya yang sangat cantik yang bernama Dewi Mas.


pada suatu hari keduanya sedang berbincang bincang kenapa hingga sekarang belum memiliki putra, dan mereka sangat bersedih untuk hal itu. dan bersabdalah sang raja " permaisuriku saya akan menyampaikan permintaan, ijinkanlah saya untuk mengambil permaisuri lagi,mudah-mudahan dengan demikian kita akan dianugrahi momongan yang akan menggantikan raja kelak "


setelah keduanya setuju makan diambilah satu orang permaisuri lagi yang tidak kalah cantik yang bernama sunggar tutul. putri dari patih aur,
semenjak saat itu sang raja lebih sering bersama dengan permaisuri sunggar tutul dari pada Dewi mas hal ini membuat hati dewi mas sangat sedih tapi permaisuri mencoba untuk tetap bersabar.
berkat kesabaran dari dewi mas maka ALLah memberikan anugrahnya Dewi Mas pun mengandung.


berita tentang mengandungnya Dewi Mas membuat gusar hati sunggar tutul , takut akan berpalingnya sang raja kepada Dewi Mas, akhirnya skenario busuk pun di jalankan sunggar tutul pun menyebarkan isu bahwa Dewi Mas hamil dikarenakan serong dengan orang lain yang bernama Los Deos.


murkalah sang raja maka diusirlah Dewi Mas dari kerajaan dan dibuang kesebelah gili, maka dengan dibantu dengan pengikutnya Dewi Mas mendirikan pemukiman. dan bersiap menuju hari depan yang cerah, dan suatu ketika lewatlah rombongan armada kapal melewati gili, seperti ada kekuatan ghaib yang mengarahkan nahkoda kapal ke gili, dan dari kejauhan nahkoda melihat seorang putri yang sangat cantik maka nahkoda memutuskan untuk singgah di pondok dewi mas.
keduanya berbincang- bincang dan dewi mas menceritakan semua perihal yang dia telah alami , akhirnya sang dewi memohon kepada nahkoda untuk mengantar ke Bali.
dan dewi mas pun berangkat ke bali beserta pengikutnya dan menetap disana.


hari yang ditunggu telah tiba dewi mas melahirkan dua anak kembar yang disertai dengan sebilah keris dan yang perempuan disertai busur panah. bayi laki-laki ini di beri nama raden nuna putra janjak, sedangkan yang perempuan di beri nama dewi rinjani
dan merekapun tumbuh menjadi dewasa hingga suatu hari merekapun menanyakan dimana keberadaan ayah mereka, karena desakan dari kedua anaknya maka dewi mas pun tak kuasa menutupinya. dewi mas pun menceritakan semua yang terjadi.
raden nuna putra janjak sangat marah tatkala mendengar cerita sang bunda, maka raden nuna putra janjak memohon ijin kepada sang bunda untuk pergi menemui sang ayah.
setibanya di istana sang raja, raden nuna putra janjak dihadang puluhan prajurit berkat kesaktiannya maka raden nuna berhasil mengalahkan musuh-musuhnya, hingga sang raja yang tidak lain adalah ayahnya sendiri turun tangan dengan mengadu kesaktian, terjadilah pertarungan yang sangat seru keduanya sama-sama kuat  hingga terdengarlah suara dari langit " hai danu taun janganlah kau sakiti anak itu, karena adalah anakmu :"
setelah mendengar suara tersebut sang raja menjadi sangat terharu dan akhirnya memeluk sang anak.
setelah raden nuna meneritakan kejadian yang sebenarnya maka sang raja sangatlah menyesal dan segeralah menyusul permaisuri yang terbuang dewi mas , dan mengajaknya kembali keistana dan merekapun hidup damai sejahtera, meskipun raja merasa di bohongi oleh sunggar tutul tetapi karena raja adalah raja yang bijak maka diapun memaafkan kesalahan sunggar tutul.
dan raja pun menyerahkan tahtanya kepada sang putra dan raja pergi dari istana ditemani oleh putrinya dewi rinjani untuk bertapa di puncak gunung dan sang putri diangkat menjadi ratu dari golongan Jin dan makluk halus dan sejak saat itugunung itu di namakan gunung rinjani

0 komentar:

Posting Komentar